Rabu, 18 Februari 2015

BARANG DAN JASA

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita mengkonsumsi dan menggunakan berbagai jenis barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Sebelum membahas jenis-jenis barang dan jasa serta kegunaan suatu barang saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian dari barang dan jasa.

Apa Itu Barang ?
Pengertian Barang - 
Barang adalah alat pemenuh kebutuhan manusia yang mempunyai bentuk fisik.
Apa Itu Jasa ?
Pengertian Jasa - Jasa adalah sesuatu alat yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang tidak berbentuk tetapi bisa dirasakan manfaatnya.

1. Jenis-Jenis Barang

Barang dapat dibedakan berdasarkan cara memperolehnya, berdasarkan hubungan pemakaian, berdasarkan cara penggunannya, berdasarkan cara pengerjaan atau proses pengelolahannya, berdasarkan kepentingan, dan berdasarkan bentuk dan sifatnya. Berikut penjelasannya.

A. Berdasarkan Cara Memperolehnya.
Barang dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu barang ekonomi dan barang nonekonomi.
1. Barang ekonomi adalah barang yang didapat dengan cara mengorbankan sesuatu untuk mendapatkannya. Contoh barang ekonomi adalah pakaian, gadget, dan tas.
2. Barang nonekonomi atau barang bebas adalah barang yang bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya atau pengorbanan. Contoh barang nonekonomi adalah oksigen, sinar matahari, dan air hujan.

B. Berdasarkan Hubungan Pemakaian.
berdasarkan hubungan pemakaian, barang dapat dibedakan menjadi barang komplementer dan barang subtitusi.
1. Barang komplementer adalah barang yang kegunaannya semakin bertambah jika digunakan bersama dengan barang lain. Contoh barang komplementer adalah motor dengan bensin, komputer dengan listrik, dan kompor dengan gas.
2. Barang subtitusi adalah barang yang memiliki fungsi yang sama untuk menggantikan barang lain. Contoh barang subtitusi adalah jika bahan bakar sedang mahal maka orang bisa menggunakan sepeda, beras dengan jangung atau singkong, Air Conditioner dengan kipas angin.

C. Berdasarkan Cara Penggunaannya.
Berdasarkan cara penggunaannya maka barang dapat dibedakan menjadi barang pribadi dan barang publik.
1. Barang pribadi adalah barang yang hanya dimiliki dan digunakan oleh individu atau perorangan. Contohnya adalah pakaian, rumah, dan mobil.
2. Barang publik adalah barang yang dimiliki dan dapat digunakan untuk kepentingan banyak orang. Contohnya adalah jalan raya, sekolah, rumah sakit, taman dan jembatan penyebrangan.

D. Berdasarkan Cara Pengerjaan Atau Proses Pengelolahan.
Berdasarkan cara pengerjaan atau proses pengelolahannya, barang dapat dibedakan menjadi barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.
1. Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses pengelolahan atau masih berupa bahan mentah. Contohnya barang mentah adalah kayu, besi, dan bumbu dapur.
2. Barang setengah jadi adalah barang telah diproses atau diolah, tetapi belum mandi barang yang siap pakai. Contoh barang setengah jadi adalah benang, kain, dan tepung beras.
3. Barang jadi adalah gabungan beberapa barang mentah yang telah diproses dan diolah sehingga siap untuk digunakan. Contoh barang jadi adalah sofa, meja belajar, pakaian, dan gadget.



E. Berdasarkan Kepentingan.
Berdasarkan kepentingannya, barang dapat dibedakan menjadi barang esensial, barang normal, barang inferior dan barang mewah.
1. Barang esensial adalah barang yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pada barang tersebut tidak signifikan karena dipengaruhi oleh tingkat pendapatan. Contohnya adalah bahan bakar, beras, sayur, dan gula.
2. Barang normal adalah barang yang permintaanya berkurang pada saat pendapatan berkurang dan juga sebaliknya. Contohnya adalah pakaian, buku, dan gadget.
3. Barang inferior adalah barang yang pemakaiannya dikurangi jika pendapatan bertambah dan sebaliknya. Contohnya adalah barang bekas dan barang kw atau tiruan .
4. Barang mewah adalah barang yang berharga mahal dan dapat menaikan status sosial penggunanya. Permintaan barang mahal akan meningkat jika pendapatan bertambah dan sebaliknya. Contohnya adalah perhiasan dan mobil mewah.

F. Berdasarkan Bentuk Dan Sifat.
Berdasarkan bentuk dan sifatnya, barang dapat dibedakan menjadi barang bergerak dan barang tetap.
1. Barang bergerak adalah barang yang bersifat tidak tetap dan masa penggunaan dan pakainya pendek. Contoh barang bergerak adalah sayur, bahan bakar, beras, dan buah.


2. Barang tetap adalah barang yang bersifat tetap dan masa pemakainnya lama (tahan lama). Contoh barang tetap adalah gedung, funitur, rumah, dan bangunan.


Jenis-Jenis Barang Dan Jasa Serta Kegunaan Suatu Barang
Tag : kegunaan suatu barang berdasarkan bentuknya, berdasarkan tempatnya, berdasarkan waktu, dan berdasarkan kepemilikannya.

2. Kegunaan Suatu Barang.
Kegunaan suatu barang bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya menurut AJ Meyers dapat dibedakan menjadi kegunaan bentuk (form utility), kegunaan tempat (place utility), kegunaan waktu (time utility), dan kegunaan kepemilikan (ownership utility)

A. Form Utility (Kegunaan Bentuk)
Kegunaan bentuk atau form utility adalah kegunaan yang muncul setelah barang telah dirubah bentuknya. Contohnya meja, sofa, kursi atau perabotan lainnya. Dengan diubah bentuknya maka barang tersebut memiliki nilai lebih.

B. Place Utility (Kegunaan Tempat)
Kegunaan tempat atau place utility adalah kegunaan yang muncul setelah suatu barang dipindahkan ke tempat lain. Contohnya adalah perahu, kapal laut dan baju astronot. Setelah barang tersebut dipindahkan ke tempat yang sesuai untuk digunakan maka barang tersebut akan lebih bernilai.
C. Time Utility (Kegunaan Waktu)
Kegunaan waktu atau time utility adalah kegunaan yang muncul ketika suatu barang digunakan tepat waktu. Contohnya adalah payung dan tabungan. Ketika saat yang tepat tiba, maka barang-barang tersebut akan menjadi berguna.
D. Ownership Utility (Kegunaan Kepemilikan)
Kegunaan kepemilikan atau ownership utility adalah kegunaan yang muncul setelah suatu barang telah dimiliki. Contohnya adalah stetoskop yang akan menjadi berguna ketika digunakan oleh seorang dokter dan gadget didalam toko akan menjadi berguna setelah ada orang yang membayarnya dan memilikinya.
Ya itulah artikel saya tentang jenis-jenis barang dan jasa serta kegunaannya yang telah saya rangkum dari berbagai sumber dan saya tulis ulang dengan bahasa saya sendiri sehingga menjadi informasi yang lebih lengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

ajaib

Andini mengatakan...

Jenis jenis barang dan jasa yang dilihat berdasarkan kepentingannya

Unknown mengatakan...

bagus kak lengkap

Melati Caterina mengatakan...

Bagus, di cari ternyata ada di sini materi nya, tapi kok nggak ada barang antara ya?

Posting Komentar